Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Kamis, 4 Oktober 2012

Saat pukul 13:15 menandakan perkuliahan profesi kependidikan sudah dimulai. Pak Amril mulai menjelaskan tentang materi CI+BI, disini timbul pertanyaan. Apa itu CI+BI?

Cerdas Istimewa dan Berbakat Istimewa atau biasa disingkat CI+BI adalah kemampuan bawaan berupa potensi, yang memerlukan pengembangan dan pelatihan secara serius dan sistematis. Kata CI+BI merupakan sebutan asli dalam bahasa Inggris yang disebut Gifted-Talented. Ada dua faktor yang mempengaruhi seorang anak dikatakan CI+BI, yaitu faktor genetik (nature) dan faktor lingkungan (nurture). 

Faktor genetik berasal dari intelegensi dan IQ yang tinggi diatas rata-rata anak normal, disini mereka mempunyai akal berpikir yang membuatnya lebih pintar, contohnya adalah mereka bisa mengerjakan soal sulit yang mungkin belum dipelajari saat duduk di dalam kelas. Faktor lingkungan akan membuat kreativitas anak CI+BI menjadi meningkat serta membangun task commitment pada diri mereka. Task commitment yang perlu dibangun pada anak CI+BI mencakup kemampuan untuk mengubah motivasi menjadi tindakan.

Yang membedakan antara anak normal dengan anak CI+BI adalah bahwa anak CI+BI mengalami kondisi yang disebut disinkronitas/asinkronitas. Kondisi tersebut merupakan kondisi dimana perkembangan fisik dan psikis, serta perkembangan mental dan umur kronologis mereka tidak sama dengan anak normal. Hal ini dibuktikan dimana makin tinggi skor IQ anak CI+BI, maka makin tidak sinkron dengan sosial emosionalnya.

Hal yang perlu dijelaskan tentang CI+BI selanjutnya adalah bahwa mereka memiliki ragam kemampuan. Apa saja itu? Pak Amril menjelaskan ada enam macam ragam kemampuan, yaitu:
1. Intellectual abilities
2. Creativity abilities
3. Social competence
4. Musicality
5. Artistic abilities
6. Practical intelligence

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]